10 Tips Jitu Memilih Kontraktor yang Tepat untuk Rumah Anda

Hal yang paling penting dan juga paling sulit dikala menginginkan membangun tempat tinggal adalah menemukan kontraktor yang tepat. Jika Anda beruntung, Anda mampu menemukan kontraktor yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga pas selagi dan sesuai budget. Tapi nyatanya, keberuntungan ini tidak kerap terjadi, tetapi malah sebaliknya. Oleh dikarenakan itu, agar Anda tidak terlanjur pilih kontraktor yang salah. Yu baca juga Perusahaan Kontraktor

 

Ayo baca 10 Tips Jitu Memilih Kontraktor yang Tepat untuk Rumah Anda

1. Jangan terburu-buru

 

Pastikan jangan terburu-buru dikala pilih kontraktor. Ingat, Anda membangun tempat tinggal yang dapat Anda tinggali untuk selagi yang lama. Banyak orang yang langsung mengambil keputusan untuk di tandatangani tangan} kontrak bersama kontraktor pertama yang mereka temui. Tentu saja hal itu tidak cukup bijak untuk dilakukan. Pelajari seluruh yang mampu Anda pelajari mengenai membangun rumah, lakukan interview mendetail bersama lebih berasal dari satu kontraktor, dan putuskan bersama bijak dan hati-hati.

2. Dapatkan referensi

 

Seperti yang disebutkan di poin pertama, carilah referensi kontraktor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda mendapatkan referensi, jadi mudah Anda memperbandingkan berasal dari segi budget maupun portofolio hasil pengerjaan sebelumnya. Manfaatkan jaringan Anda, mintalah petunjuk kepada keluarga, teman, maupun kawan kerja Anda. Anda juga mampu bersama cepat mendapatkan referensi kontraktor yang sesuai kebutuhan Anda di sini.

3. Lakukan “penyelidikan”

 

Setelah mendapatkan referensi, tentu Anda kudu menyelidiki lebih dalam. Carilah testimonial berasal dari pengguna jasa dan portofolio proyek pembangunan tempat tinggal yang sudah dilakukan. Jangan sungkan untuk mewawancarai calon kontraktor tempat tinggal Anda. Pastikan mereka mempunyai surat izin resmi dan berbadan hukum. Bila mereka sedang mengerjakan proyek di area lain, ada baiknya Anda lakukan survei dan mengamati proses pengerjaan proyek berikut secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan informasi yang lebih aktual. Lihat juga Perusahaan Jasa Kontraktor

4. Diskusikan biaya

 

Biaya atau budget adalah segi yang lumayan penting didalam mendirikan rumah, tetapi juga lumayan tricky. Bagaimana agar Anda mendapatkan harga yang wajar dan sesuai budget? Cara yang paling mudah, Anda mampu gunakan fitur berasal dari Sejasa.com untuk mencari kontraktor yang sesuai bersama budget yang Anda sediakan. Setelah mendapatkan kontraktor yang sesuai, Anda mampu menghendaki usulan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) untuk sesudah itu di check dan diperbincangkan lebih lanjut.

5. Tanyakan ketersediaan garansi

 

Kontraktor yang baik menjamin kepuasan atas mutu pekerjaannya. Apakah mereka dapat memberikan after-service atau garansi terkecuali terkandung rusaknya atau situasi yang tidak cukup memuaskan? Pastikan juga apakah mereka lumayan cepat tanggap didalam menanggapi keluhan berasal dari pelanggannya. Jika tidak ada tanda-tanda bahwa mereka dapat memberikan garansi, mintalah! Coba bayangkan terkecuali atap Anda bocor tetapi Anda baru mengetahuinya dikala musim hujan datang hanya dikarenakan seluruh nampak baik-baik saja selagi tempat tinggal Anda selesai terhadap musim kemarau lalu.

6.Pastikan pihak kontraktor bersedia terikat kontrak

 

Hal ini sangat penting. Keberadaan Surat Perjanjian Kerja (SPK) dapat sebabkan Anda merasa lebih safe dan terjamin dikarenakan Anda dapat meminimalisir kecurangan yang barangkali dilakukan. Usahakan untuk menyusun SPK sedetail mungkin, bersama rincian anggaran, kuantitas jam kerja yang diharapkan, dan tahapan pembayaran. SPK kudu ditanda tangani ke-2 belah pihan dan jangan lupa gunakan materai untuk mengesahkan dokumen tersebut. Buatlah dua rangkap untuk dipegang masing-masing oleh Anda dan pihak kontraktor.

7. Banyak yang merekomendasikan

 

Mereka yang suka atas hasil kerja kontraktor tentu tak segan-segan memberi rekomendasi. Ada baiknya himpun informasi sebanyak-banyaknya dapat sepak terjang kontraktor tersebut.

8. Ketahui siapa saja yang terlibat

 

Kontraktor barangkali tak mampu bekerja sendiri. Kemungkinan besar dia dapat melibatkan pihak lain untuk {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} pekerjaan terntu andaikan interior rumah, dapur, dan sebagainya. Ada baiknya paham bersama siapa saja kontraktor itu bekerjasama.

 

9. Spesialisasi

 

Spesialisasi di sini maksudnya adalah kontraktor berikut jadi biasa mengerjakan bangunan type apa. Misalnya saja bermaksud bangun tempat tinggal bergaya minimalis, maka dianjurkan pilih kontraktor yang pakar didalam bangunan gaya tersebut. Lain halnya andaikan bermaksud bangun tempat tinggal gaya gotic, carilah kontraktor yang mempunyai spesialisasi didalam bangunan itu.

 

10. Bersedia terikat didalam kontrak

 

Kontraktor yang profesional biasanya dapat membuatkan kontrak kerja. Isi kontrak kerja merupakan hasil musyawarah pada pemilik tempat tinggal dan kontraktor.

 

Agar mudah mengukurnya, usahakan sebabkan kontrak secara detail, terperinci, lengkap, dan pastinya menguntungkan ke-2 belah pihak. Selain itu, kontrak itu juga mencantumkan bersama paham kapan pembangunan dimulai, cakupan biaya, type material, dan tahapan pembayaran.

 

Satu lagi, garansi berasal dari kontraktor juga kudu dimasukkan didalam kontrak kerja. Jangan lupa bubuhkan materai biar kemampuan hukumnya jadi sip.

 

itulah Beberapa tips memilih kontraktor yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *