7 Tips Liburan Murah di Yogyakarta

Saat akan berlibur ke Yogyakarta, kita harus memiliki rencana yang baik supaya dapat memanfaatkan waktu dan budget liburan secara efektif. Jika dana liburan terasa pas-pasan tidak perlu berkecil hati karena anda masih tetap bisa menikmati berbagai objek wisata menarik, penginapan yang murah namun nyaman, transportasi yang hemat, dan berbagai fasilitas liburan lainnya. Berikut kami rangkum beberapa tips bermanfaat bagaimana cara menikmati berbagai keindahan Yogyakarta tanpa membuat dompet anda kering. Tips liburan hemat selama di Yogyakarta

1. Memilih Penginapan

Pilihlah penginapan murah maksimal Rp 100.000, tidak perlu khawatir karena di Yogya terdapat banyak penginapan dengan harga miring yang tersebar di seluruh kota seperti beberapa hotel yang terletak di pusat keramaian Malioboro yaitu Hotel Indonesia, Hotel Kunthi, Hotel Larashati, Hotel Puri, the Munajat Backpacker, dll. Hotel-hotel tersebut menyediakan persewaan kamar mulai Rp.60.000 untuk satu malam, sudah termasuk kamar yang nyaman dan minuman hangat di pagi hari. Berikut daftar lengkap penginapan termurah di Jogja.

2. Transportasi murah

Karena Yogyakarta memiliki banyak obyek wisata yang tidak semua dilewati oleh transportasi umum, maka supaya dapat menghemat biaya, kita dapat menyewa sepeda motor. Di Yogya banyak tersedia jasa rental motor dengan harga terjangkau yakni mulai Rp 50.000 untuk 24 jam, sehingga kita bisa puas berkeliling kota Yogya tanpa harus dipusingkan dengan transportasi. Bila anda bepergian lebih dari 2 orang maka solusi hemat lainnya adalah dengan pergi ke Yogyakarta menggunakan jasa Bus Wisata Jakarta, semisal Anda berangkat dari Ibu Kota ini. Selain lebih hemat, perjalanan akan lebih seru, karena perjalanan diisi dengan orang-orang yg dekat dengan Anda.

3. Makanan murah meriah

Untuk dapat menghemat biaya selama liburan di Yogya, kita dapat membeli makan di angkringan selain enak harganya juga merakyat. Satu bungkus nasi kucingan di jual seharga Rp 1.000, gorengan Rp 500, minuman mulai Rp 1.500 (tergantung pesennya) di angkringan juga terdapat lauk ayam. Bila ingin merasakan makanan khas Yogya yaitu gudeg, di pagi hari ada beberapa penjual gudeg basah dengan harga Rp 7.000 per porsi yang mudah di temukan di pinggir jalan Malioboro, sedangkan di siang hari banyak terdapat rumah makan yang menjual nasi sayur lengkap dengan lauk mulai harga Rp 10.000 per porsi. Perut kenyang dengan harga yang irit merupakan cara tepat untuk menekan pengeluaran bagi anda yang memiliki bugjet terbatas.

Baca Juga: Sewa Bus Wisata Jakarta

4. Obyek Wisata murah

Banyak obyek wisata yang murah di Yogyakarta seperti Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Sentra perak, Sentra bakpia batok, kampung gudeg Wijilan dan masih banyak lagi. Bila ingin melihat keindahan beberapa tempat tersebut kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, bahkan ada pula yang gratis. Selain itu di malam hari kita dapat menikmati keindahan kota Yogya seperti Alun-alu utara dan selatan, Tugu Jogja yang dapat dinikmati dengan gratis.

5. Membawa Peta Wisata Yogyakarta

Bagi anda yang belum mengenal wilayah Jogja, membawa peta wisata merupakan langkah terbaik untuk menghemat waktu, ongkos dan tenaga dalam menemukan beberapa objek wisata menarik selama berlibur di Jogja. Peta wisata Jogja bisa anda download gratis disini (link menuju ke Facebook, anda harus login ke FB dulu), jika sedang di Malioboro anda bisa juga mendapatkan peta gratis di Mirota Batik.

6. Foto Dokumentasi

Ada beberapa tempat wisata di Yogya yang dilengkapi dengan jasa foto cetak di tempat sebagai kenang-kenangan. Bila ingin menghemat pengeluaran lebih baik kita membawa kamera sendiri untuk dapat mengabadikan segala kegiatan selama liburan, bila ingin menggunakan jasa foto cetak di tempat wisata asalkan dapat menawar dengan tepat kita dapat memiliki foto cetak dengan harga murah. Pada umumnya satu foto lengkap dengan bingkai khas tempat wisata di hargai Rp 30.000, bila dapat menawar dengan baik kita dapat memiliki foto dengan bingkai khas seharga Rp 10.000 sampai 15.000.

7. Berbelanja hemat

Berbelanja merupakan salah satu kebutuhan yang sulit ditolak pada saat liburan, namun kita masih dapat berbelanja murah dengan budget terbatas di Jogja seperti membeli kaos Dagadu khas Yogya mulai harga Rp 20.000, berbagai pernak- pernik gelang mulai Rp 1.500, sandal motif batik mulai Rp 10.000, baju batik mulai Rp 30.000, dan lain sebagainya. Saat berbelanja sebisa mungkin menggunakan bahasa jawa supaya terlihat sebagai penduduk Jogja sehingga tidak akan di tawari harga yang tinggi, selain itu saat menawar barang usahakan di bawah atau maksimal 50% dari harga yang ditawarkan, bila tidak ada kesepakatan segera pindah ke penjual yang lain untuk dapat membandingkan harga mana yang terbaik dan cocok untuk anda. Salah satu pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja adalah Malioboro, silahkan simak tips belanja hemat di Maliboro untuk mengetahui bagaimana mendapatkan berbagai barang unik di Malioboro dengan harga yang sangat murah. Demikianlah beberapa tips liburan murah di Kota Yogyakarta yang pastinya akan berguna ketika anda ingin berwisata ke Jogja tanpa harus menghabiskan terlalu banyak biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *