8 Perbedaan Antara Monokotil dan Dikotil Lengkap

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup atau organisme yang memiliki banyak jenis atau spesies. Variasi bentuk dan juga variasi warna dan berbagai jenis sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam.

Jika tanaman yang jumlahnya ribuan dari spesies ini dikelompokkan bersama lagi secara terperinci, ada dua jenis tanaman, yaitu tanaman monokotik dan tanaman dikotika. Apa itu dan apa perbedaan dikotil monokotil ?

Perbedaan antara monokotil dan dikotil

Monokotil dan dikotil adalah jenis tanaman yang memiliki karakteristik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman monokotil dan tanaman dikotil dengan cara yang lebih jelas dan lebih rinci, lihat ulasan yang dengan cermat menjelaskan perbedaan antara kedua jenis tanaman ini.

1. Dari root
Terlihat dari akar tanaman monokotil memiliki akar yang tidak berkambium. Perisikel pada akar terdiri dari sel-sel berbeda yang membentuk akar lateral. Sejumlah besar Folem dan Xilem bersebelahan. Ini memiliki inti utama dan empulur besar.

Mengingat bahwa pada tanaman dikotil, tidak akan ada sumsum. Floem di akar tanaman dicotyledonous terletak di luar Xylem atau dibatasi oleh roda gigi dan Xylem berada di tengah-tengah akar.

Selain itu, pembuluh xilem pada tanaman dikotil memiliki dinding tebal, sedikit serat, tetapi banyak parenkim. Periscel hanya selapis sel. Perbatasan khalifah dan ujung tanaman dikotil tidak terlalu jelas.

Untuk membuatnya lebih sederhana, akar pada tanaman monokotil umumnya serat akar dan terbentuk dari batang. Untuk dicotyks root yang dimiliki oleh Taproot tanpa tutup dan dibentuk dari cabang utama.

2. Dari batang
Terlihat dari batang tanaman monokotil, batangnya tidak ditutupi rambut di epidermis. Lebih lanjut, tidak ada pertumbuhan sekunder yang ditemukan. File dukungan pada kompartemen bagasi dilindungi oleh selubung conveyor. Tidak ada floem parenkim dan lapisan di bawah epidermis adalah sclerenchyme. Ukuran file kurir bervariasi.

Menimbang bahwa pada tanaman dikotil tidak ada rongga dalam bundel pengangkutan. Tidak ada amplop pada balok pengangkut, tetapi ia memiliki parenkim floem. Ukuran file dukungan sama. Jaringan epidermis single-layer dengan kultivar tebal dan ada rambut di epidermis.

Selain itu, dikotil juga memiliki batang dengan pembuluh xilem kecil, banyak serat dan sedikit parenkim. Pertumbuhan xilem membentuk lingkaran tahunan yang digunakan untuk melihat usia tanaman dikotil.

Selain itu, juga dapat dibedakan dari cabang batang. Cabang-cabang batang di tanaman monokotil tidak bercabang dan dikotomi bercabang.

3. Dari daun
Perbedaan antara Monocotyl dan Dikotil dapat dilihat pada bagian daun properti. Pada tanaman monokotil, daun memiliki sel kipas yang fungsinya untuk membuka dan menutup daun. Selubung conveyor dibentuk oleh sclerenkim. Untuk kapal xilem mereka terdiri dari dua metaxillem dan dua protoxilem.

Untuk tanaman dikotil, pembuluh xilem lebih banyak mengandung metaxilem dan protoxilem daripada tanaman monokotil. Jaringan mesofil dibagi menjadi palisade dan parenkim sepon. Selubung pengangkut dibentuk oleh kolenkim.

Singkatnya, daun tanaman monokotil biasanya berbentuk memanjang dengan tulang daun paralel. Untuk tanaman dikotil bentuk daun diperbesar dan tulang daun dipetik atau dijepit.

4. Potongan biji
Jika dilihat dari biji sesuai dengan namanya untuk tanaman Monocot, jumlah biji adalah satu, sedangkan untuk tanaman dikotil, jumlah biji adalah dua.

5. Benih divisi
Pada tanaman monokotil selama proses pembagian benih, tidak ada pembagian selama perkecambahan. Untuk tanaman dikotika yang sama, proses pembagian terjadi ketika mereka tumbuh.

6. Kelopak bunga
Jika dilihat dari kelopak berpemilik, tanaman monokotil memiliki bunga dengan 3 kelopak dan kelipatannya. Sementara di tanaman Dikotil bunganya memiliki sejumlah kelopak 2, 4 dan 5, serta kelitapannya.

7. Serbuk sari
Pollen dalam spesies Monocotyledonous memiliki alur tunggal di setiap butir serbuk sari. Sedangkan tanaman dikotil memiliki 3 alur pada setiap butir serbuk sari.

8. Mendukung file
Jika dilihat dari balok pengangkutan, tanaman monokotil memiliki bundel pengangkut yang tersebar di batang pada bejana saringan dan bejana kayu. Sementara di pabrik dikotil, pengangkutannya tidak teratur, kapal kayu dapat ditemukan di dalam kapal tetapi

Sumber : materibelajar.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *