Cara Belajar Yang Baik dan Benar

Cara Belajar Yang Baik dan Benar

Cara Belajar Yang Baik dan Benar

Dalam dunia pendidikan, baik itu pendidikan umum maupun pendidikan agama, tidak bisa kita belajar dengan seenaknya, karena akan berdampak ketidak pahaman terhadap ilmu yang kita pelajari. Bukankah banyak dari kita yang sudah belajar ilmu umum dari kecil sampai sekarang dan ternyata ilmu tersebut menguap tanpa bekas dari ingatan kita.

Begitu juga dengan ilmu agama yang sudah kita pelajari dari kita kecil sampai besar, apakah semuanya nempel dan masih bisa kita amalkan, jawabannya pasti tidak, ada saja ilmu yang luput dan terlupa, bahkan ada ilmu yang tidak sesuai dengan yang pemahaman apa yang guru kita sampaikan.

Itulah pentingnya kita mengetahui bagaimana cara belajar yang benar, agar pembelajaran yang kita lakukan bisa lebih efektif dan bermanfaat, disini akan kami tuliskan beberapa tips agar kegiatan kita dalam menuntut ilmu menjadi efektif, efisien dan insya ALLAH bermanfaat.

Cara Belajar Ilmu Agama Yang Benar

Yang pertama kita bahas adalah tentang belajar agama, karena ilmu agama ini adalah penting untuk kita pelajari, walaupun usia kita sudah tidak muda lagi, ilmu agama tetap harus kita pelajari, karena hukum dari mempelajari ilmu agama adalah wajib, seperti dalam hadist tentang menuntut ilmu agama, yang mahfumnya “menuntut ilmu agama adalah kewajiban bagi seluruh muslim”.

Dan kewajiban menuntut agama inia dalah belajar tentang ibadah yang kita juga dikenakan kewajiban, seperti sholat wajib, puasa zakat dan aqidah yang lurus.

Cara belajar ilmu agama yang benar adalah sebagai berikut:

Pilih guru, kiyai, ustadz atau syekh yang kita tahu bagus ilmunya dan juga bagus ahlaknya, dan yang terpenting pemahaman guru kita itu harus lurus sesuai dengan pemahaman para ulama terdahulu.

Hadiri dan datangi halakah atau majelis ilmu yang di adakan oleh ustadz pilihan kita tersebut, jangan sampai kita hanya ingin mengundang ustadz tersebut, karena sesuai dengan contoh para ulma terdahulu dalam menuntut ilmu adalah dengan mendatanginya secara langsung.

Gunakan Adab Dalam Majelis Ilmu

Berdoa sebelum dimulainya pelajaran, bacalah doa sebelum belajar, kalau belum hafal maka cukup kita membaca Bismillah, karena ini adalah doa belajar yang mudah dan pendek juga semua muslim sudah mengetahui tentang doa tersebut.

Fokus dan dengarkan apa yang di sampaikan oleh murobi atau ustadz kita di saat berjalannya majelis ilmu, jangan melamun, menghayal, banyak gerak apalagi mengobrol, kalau ini dilakukan niscaya tidak akan masuk ilmu yang di sampaikan, dan bahkan akan salah paham atas maksud yang di sampaikan oleh guru kita tersebut, dan ini adalah kesalahan fatal dalam menuntut ilmu.

Catat fadhilah atau inti point atau kesimpulan dari yang di katakan oleh pemateri, jangan sampai kita datang ke majelis ilmu tanpa membawa catatan (buku dan alat tulis) karena hafalan kita sangat lemah, jika tidak di catat ilmu tersebut, maka sekembalinya kita ke rumah akan menguap ilmu yang baru saja di ajarkan.

Amalkan, ini intinya ilmu yaitu mengamalkan apa yang sudah kita dapatkan di dalam majelis ilmu, tanpa mengamalkan apa yang kita pelajari maka akan sia sia dan pelajaran yang kita dapat tidak akan bermanfaat. inilah yang berat dari seorang penuntut ilmu, karena untuk mengamalkan suatu ilmu butuh kesabaran karena biasanya tidak akan sejalan dengan nafsu kita.

Cara Belajar Ilmu Dunia atau Umum

Ilmu dunia atau ilmu umum ini biasanya seputar ilmu atau pengetahuan cara mempermudah urusan keduniaan, seperti mempelajari ilmu kedokteran, ini bertujuan untuk mempermudah pengobatan orang yang sakit, ilmu yang mempelajari tentang bisnis, ilmu ini bertujuan untuk memudahkan kita menjadi pengusaha, ilmu pertanian bertujuan untuk memudahkan kita untuk mendapatkan makanan, dan seterusnya.

Lihat diatas, ilmu dunia hanya seputar urusan dunia yang kenikmatannya jika kita dapatkan akan sirna dan tidak kekal, bandingkan dengan kehidupan akhirat di surga yang di janjikan bagi penuntut ilmu agama, perbedaannya sangat jauh, tapi karena ilmu dunia bisa secara langsung kita dapatkan manfaatnya maka kita lebih condong kepada ilmu dunia di banding ilmu agama.

Lalu bagaimana cara belajar ilmu dunia agar kita maksimal memperoleh hasil atau manfaat dari ilmu yang kita pelajari tersebut?.

Tips Belajar Ilmu Umum

Ketahui bakat dan keinginan kita, ini penting, kalau kita lihat bagaimana kita sendiri belajar dari SD sampai Perguruan tinggi tanpa minat dan bakat di dalamnya, dan apakah hasilnya memuaskan, tidak, mengapa, karena semua ilmu kita pelajari tanpa tahu apa tujuannya dan apa manfaatnya, kita hanya mempelajari ilmu tersebut dengan tujuan mendapatkan nilai dan rangking saja.

Setelah mengetahui apa tujuan kita mempelajari ilmu tersebut, maka kita akan lebih fokus,lebih bersemangat dan tentu nanti hasilnya akan bagus, karena kita tahu apa yang akan kita dapat setelah mempelajari ilmu tersebut.

Belajar kepada ahlinya secara langsung, memang tidak salah kalau kita belajar kepada orang yang tahu ilmunya tapi tidak ahli, contohnya kita belajar menjadi pengusaha kepada seorang yang pintar secara teori dalam usrusan bisnis, tapi dia sendiri tidak memiliki usaha. Maka pembelajaran atau ilmu yang akan kita dapatkan tidak akan maksimal, karena dia bukan ahlinya.

Berbeda jika kita belajar langsung kepada pengusaha yang sukses, mungkin pengusaha tersebut tidak paham dengan teori seperti pengajar pertama, tapi keahlian dia dalam praktek bisnis itu sendiri akan menjadi ilmu yang sangat bagus.

Sama seperti belajar ilmu agama, hal penting selanjutnya adalah kita praktekan dan amalkan ilmu yang kita dapatkan, karena ini adalah inti dan buah ilmu, tanpa amal maka ilmu seperti pohon yang tidak pernah berbuah sehingga manfaat yang di dapat tidak maksimal.

Kesimpulan

  • Belajar adalah hal yang penting dan menjadi kegiatan kita sehari hari walau kita tidak menyadarinya.
  • Belajar agama adalah wajib dan sudah seharusnya kita meluangkan waktu untuk mendatangi majelis ilmu.
  • Cari ustadz atau kiyai atau murobi yang kita yakini akan kefakihan dan kesholihannya, karena nanti kita akan mencontoh semuanya dari ustadz tersebut.
  • Kenali bakat dan minat kita jika akan belajar dunia, agar kita lebih semangat dan lebih fokus dalam ilmu tersebut.
  • Praktek dan amalkan ilmu yang sudah kita dapatkan, karena ini adalah inti dari ilmu.

Artikel ini bersumber dari penaungu.com silahkan kunjungi website tersebut untuk memperoleh ilmu agama dari dasar dan terstruktur dengan bahasan yang mudah di cerna dan tulisan yang ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *