Inilah 4 Cara Marketing Online yang Terbukti Efektif

Cara marketing online

Bagi pelaku usaha, melakukan marketing online menjadi suatu keharusan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Ada banyak sekali cara yang dapat dipilih untuk menjalankan marketing online yang sudah terbukti efektif. Berikut beberapa cara marketing online yang wajib dicoba.

1. Pasarkan Produk dengan Menggunakan Media Sosial

Penggunaan media sosial seperti Facebook dan Instagram semakin bertambah. Fakta tersebut menjadikan media sosial masih menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan produk kepada target pasar secara luas. Gunakan semua media sosial sebagai platform berjualan dan promosi.

Tidak hanya sekedar posting foto produk pada media sosial, perlu rencana konten yang tepat untuk menghasilkan capaian yang diinginkan. Foto yang menarik, caption yang persuasif, dan waktu posting yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses marketing online. Pelaku usaha juga dapat bekerja sama dengan infuencer atau selebgram untuk mempromosikan produk di media sosial mereka.

2. Manfaatkan Website untuk Memperluas Target Pasar

Usaha atau bisnis yang memiliki website membuat pembeli semakin percaya. Dengan menggunakan website, promosi dan edukasi produk dapat dimaksimalkan dengan menggunakan teknik SEO untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Artikel dapat dibuat sendiri atau dengan menggunakan bantuan jasa penulis artikel yang menjamin muncul di halaman pertama mesin pencari.

3. Gunakan Google AdWords/Facebook

Faebook dan Google merupakan platform iklan online yang terbesar saat ini. Untuk melakukan marketing online melalui Facebook Ads, perlu pengaturan yang tepat sesuai dengan target pasar. Pada Facebook Ads, pelaku usaha dapat mengatur umur, jenis kelamin, lokasi, dan kategori lainnya.

Google AdWords memiliki keunggulan konversi penjualan. Apabila menggunakan Google Adwords, perlu diperhatikan penggunaan keyword atau kunci yang banyak dicari di Google. Tentunya promosi dengan menggunakan Facebook maupun Google AdWord memerlukan eksperimen berkali-kali sehingga menemukan formula yang pas.

4. Kirimkan Email Marketing kepada Target Pasar

Penggunaan email marketing sebagai media promosi menjadi cara yang efektif dan tertarget. Pelaku usaha mengirimkan info produk, promo, dan informasi lain yang terkait produk secara langsung kepada target pasar. Selain itu, email marketing juga menjadikan hubungan baik secara langsung dengan pelanggan atau konsumen baru yang tentunya berpenaruh terhadap penjualan.

Melalui cara marketing online di atas, pelaku usaha dapat memilih sebagian cara terlebih dahulu untuk melakukan eksperimen. Evaluasi hasil eksperimen sampai menghasilkan cara yang paling tepat. Butuh kerja keras dan kerja cerdas untuk menemukan cara pemasaran online yang tepat dan meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *