Contoh Resensi Buku Fiksi dan Non-Fiksi Lengkap

Pernahkah Anda mendengar resensi? Bagi orang awam, istilah reviewer sepertinya masih asing untuk didengar. Atau memang, orang-orang yang telah mendengarkan resensi tetapi tidak tahu apa sebenarnya arti dari resensi.

Istilah resensi itu sendiri berasal dari “resentie” Belanda yang berarti meninjau. Saat berada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi berarti meninjau buku. Peninjau ini sangat penting bagi kita, sebagai penikmat atau pembaca, santinorice¬†mengajak untuk melihat ulasan buku atau pekerjaan orang lain untuk dibaca.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara mengulas buku bersama dengan contoh-contoh untuk membantu Anda memahaminya dengan lebih baik. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut.

Contoh Resensi Buku

Pada dasarnya, kegiatan meninjau buku berarti menulis ulasan dari buku berdasarkan perspektif seseorang. Karena itu, bisa jadi pembaca menulis ulasan yang berbeda atau tidak sama dengan pembaca lainnya. Artinya, resensi ditulis secara eksklusif oleh seseorang tanpa pengaruh dari orang lain.

Meskipun pengulas bisa disebut review pribadi, tetapi menulis resensi memiliki aturan sendiri, yaitu menulis elemen penting yang terkandung dalam sebuah buku. Elemen penting adalah identitas buku (judul buku, penulis, penerbit, tahun penerbitan, ketebalan buku dan nomor edisi), ringkasan buku, kelebihan dan kekurangan yang terkandung di dalamnya.

Untuk lebih memahami ulasan buku, di bawah ini adalah beberapa contoh ulasan yang dapat Anda lihat untuk ulasan. Mulai dari review buku fiksi, non-fiksi, buku teks, buku ilmiah dan buku sejarah.

1. Contoh resensi buku fiksi

Buku naratif adalah buku yang menceritakan kisah yang tidak benar. Atau dengan kata lain, buku fiksi adalah buku fiksi atau fiksi yang berasal dari imajinasi penulis. Buku-buku fiksi yang sama memiliki berbagai jenis dan genre, salah satunya adalah novel. Di bawah ini adalah contoh ulasan buku fiksi, yang merupakan novel The Little Letter to God.

I. Identitas buku

Nama buku: surat kecil kepada Tuhan
Genre: novel
Kategori: Pertarungan
Penulis: Agnes Danovar
Penerbit: Inandra diterbitkan
Kota edisi: Jakarta
Tahun publikasi: 2008
Materi: XIII
Ketebalan buku: vii + 232 halaman
Nomor edisi: ISBN 978-979-18346-3-6

II Tinjauan buku

Sebuah surat kecil kepada Tuhan adalah novel yang didasarkan pada kisah nyata perjuangan seorang gadis melawan penyakit ganas, yaitu Rhabdomyosarkona (kanker jaringan lunak). Nama gadis itu adalah Gita Sesa Wanda Cantika atau yang akrab dipanggil Keke, mantan artis anak pada tahun 1998.

Dikatakan bahwa Keke adalah seorang gadis berusia 12 tahun yang sangat aktif di sekolah. Hingga suatu hari Keke terbangun dan menemukan mata merah dan hidungnya berdarah. Orang tuanya segera membawa Keke ke rumah sakit.

Mereka menduga bahwa penyakit Keke adalah flu biasa dan kelelahan karena terlalu aktif dalam bola voli. Namun, mereka harus menerima kenyataan ketika dokter mengutuk bahwa Keke memiliki tumor ganas yang hanya bisa bertahan dalam beberapa hari. Kanker dapat menggerogoti wajah, sehingga terlihat lebih buruk.

Namun, Keke tampak tidak sabar dalam perjuangannya melawan penyakit. Karena itu, orang tua Keke berusaha merahasiakan penyakit mereka sehingga Keke tidak tahu. Namun, Keke akhirnya tahu persis apa yang dideritanya. Mengetahui hal ini, Keke hanya bisa pasrah dengan apa yang dideritanya dan selalu tersenyum pada siapa pun yang ditemuinya seolah-olah tidak ada yang terjadi padanya.

Orang tua Keke terus berusaha menyembuhkan penyakit anak-anak mereka. Mulai dari perawatan alternatif yang banyak dicari di seluruh Indonesia, meski hasilnya masih nol. Sampai akhirnya, orang tua Keke kembali ke perawatan medis untuk berkonsultasi dengan dokter, yaitu kemoterapi. Keke harus menjalani kemoterapi 25 kali hingga dinyatakan dinyatakan sembuh oleh dokter setelah 6 bulan.

Tuhan masih menunjukkan kebesaran-Nya kepada Keke dengan memberinya napas panjang dan bisa menikmati hidup bahagia bersama orang tuanya, meskipun hanya sesaat. Keluarga Keke mengucapkan terima kasih dengan cara yang kompak karena Keke dinyatakan sembuh dari kanker.

Namun, kebahagiaan tampaknya berakhir karena Keke merasa kanker kembali kepadanya. Dia segera dilarikan ke rumah sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Keke mengalami koma selama beberapa hari. Di sisi lain, bahkan dokter menyerah pada kanker Keke, sampai Keke akhirnya bernafas untuk terakhir kalinya setelah mampu menulis surat kecil yang ditujukan kepada Tuhan.

III. Keunggulan buku

Novel ini mampu membuat para pembacanya menangis karena kisah perjuangan seorang gadis untuk melawan kanker ganas yang terus menggerogoti tubuhnya. Banyak pesan yang tersirat sehingga pembaca terus antusias tentang menjalani hidup, baik itu sedih atau bahagia

Karena novel ini didasarkan pada kisah nyata, ada beberapa foto perjuangan Keke dalam perang melawan kanker ganas dan sahabatnya yang selalu mendukungnya hingga napas terakhir.

IV. Kurang buku

Kekurangan novel ini hanya terletak pada tulisan, di mana ada kata yang salah dan ada yang sulit dipahami pembaca.

2. Contoh resensi buku non-fiksi

Memahami buku-buku non-fiksi adalah bentuk tulisan yang didasarkan pada hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Atau dengan kata lain, non-fiksi adalah karya yang dibuat sesuai dengan kenyataan atau fakta. Beberapa jenis buku non-fiksi seperti biografi, sastra, motivasi, pengawalan dan lain-lain. Berikut adalah contoh resensi buku non-fiksi.

I. Identitas buku

Nama buku: Kisah, Perjuangan dan Inspirasi B.J. Habibie
Genre: motivasi
Kategori: Perjuangan, Kisah Inspiratif
Penulis: Weda S. Atma
Penerbit: daftar periksa
Kota publikasi: Yogyakarta
Tahun publikasi: 2018
Pencetakan: II
Ketebalan buku: xii + 236 halaman
Nomor edisi: ISBN 978-602-6763-98-3

II Tinjauan buku

Buku Story, Struggle and Inspiration mengisahkan perjalanan hidup Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan … J. Habibie, sosok yang sangat dikagumi baik di Indonesia maupun di luar negeri karena kejeniusannya menciptakan pesawat terbang dengan konsep ide-ide cemerlang.

Terlebih lagi, sosok dengan jutaan hasil ini dikenal sebagai presiden ke-3 Republik Indonesia. Namun, ada perjuangan yang telah ia lakukan untuk mencapai kesuksesan yang telah naik ke panggung dunia.

Dalam buku ini, kisah Habibie akan disajikan kepada kita sejak kecil, yang dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia untuk kisah cintanya dengan Ainun.

III. Keunggulan buku

Buku ini memberikan motivasi, inspirasi bagi pembacanya, khususnya bagi kaum muda yang ingin dapat mencapai tujuan mereka. Tidak hanya itu, buku ini diberkahi dengan ekspresi motivasi yang diungkapkan oleh Habibie di berbagai bidang kehidupan, seperti antusiasme dan optimisme, mengejar karir, memenangkan tantangan, merasakan cinta, dan sebagainya.

IV. Kurang buku

Bahkan, tampaknya tidak ada kekurangan buku ini. Namun, buku ini berisi tulisan tanpa gambar atau foto yang bisa membuat pembaca lebih bersemangat membacanya.

Sumber : https://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *