Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan dan Gempa

Teks eksplanasi adalah salah satu bahan bahasa Indonesia yang perlu diketahui oleh semua teman sekolah menengah, jadi dalam artikel ini saya akan berbagi dengan Anda contoh sampel teks eksplanasi yang lengkap dan lengkap.

Oh ya, dalam artikel https://rumusrumus.com/ , saya membahas apa itu teks eksplanasi, apa struktur teks eksplanasi, aturannya dan fitur linguistiknya.

Sekarang untuk menyelesaikan semuanya, pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel khusus yang berisi kumpulan contoh teks penjelasan pendek dan panjang bersama dengan beberapa orang lain saya akan menambahkan struktur sehingga teman saya menjadi lebih mengerti . Ok, tidak perlu menunda lagi, mari kita mulai diskusi kali ini.

Contoh teks eksplanasi tentang kekeringan

Kekeringan adalah suatu kondisi di mana ketersediaan air di suatu tempat sangat rendah atau bahkan tidak tersedia sama sekali yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Daerah yang diliputi kekeringan biasanya cukup luas dan berdampak pada kehidupan makhluk hidup yang tinggal di sana. Kekeringan dapat terjadi kapan saja, terutama di musim kemarau ketika intensitas hujan sangat kecil atau bahkan tidak ada.

Penyebabnya sendiri mungkin karena kondisi alam itu sendiri dan juga karena faktor manusia. Untuk faktor alami, misalnya, kekeringan berkepanjangan dan tingkat penguapan yang sangat tinggi yang dengan cepat membuat cadangan air di tanah hilang.

Sedangkan faktor manusia seperti terjadinya pemanasan global atau pemanasan global yang disebabkan oleh kegiatan seperti pabrik, asap kendaraan dan tindakan lain yang memicu pemanasan global.

Jika kekeringan terus berlanjut, dampaknya tidak hanya akan dirasakan oleh manusia, tetapi oleh semua makhluk hidup. Tumbuhan akan mengalami kesulitan untuk melakukan fotosintesis karena kurangnya air dan nutrisi dalam tanah yang hilang karena kekeringan dan hewan tidak dapat memperoleh makanan dalam bentuk tanaman karena banyak tanaman mati.

Untuk mengatasinya, adalah mungkin untuk membuat hujan buatan di daerah basah tanpa air, tetapi jelas biaya untuk membuat hujan buatan tidak kecil.

Dengan demikian, kekeringan adalah salah satu bencana alam yang dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi oleh semua makhluk hidup di bumi, karena pada kenyataannya air adalah kebutuhan mendasar semua makhluk hidup, tanpa air, kehidupan tidak dapat terjadi.

Contoh teks eksplanasi gempa

Deklarasi umum (pembukaan)
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang disebabkan oleh pergerakan lapisan batuan yang berasal dari bagian bawah atau lapisan tanah di bumi. banyak dari peristiwa ini terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan di sekitar lautan besar.

Baris penjelasan (isi)
Gempa bumi terjadi karena gerakan di strata bawah bumi dan juga letusan gunung berapi yang mengerikan. Peristiwa ini terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, tetapi dampaknya cukup luas dan luas. Selain kerugian dalam bentuk harta, gempa ini juga telah menyebabkan sejumlah besar korban, hal ini disebabkan kedatangan yang tidak mungkin diprediksi dengan pasti, sehingga banyak orang tidak dapat mempersiapkan acara ini.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibagi menjadi 2, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa bumi tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Sedangkan gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas vulkanik. Gempa bumi tektonik lebih umum daripada gempa vulkanik.

Penutupan (interpretasi)
Berdasarkan penjelasan di atas, gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat tetapi dampaknya bisa sangat luas dan meluas.

Sekian Pembahasan teks eksplanasi dari saya, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih!

Sumber : https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *