Hal yang Sebaiknya Diketahui Saat Rambut Mulai Beruban di Usia 20-an

Hal yang Sebaiknya Diketahui Saat Rambut Mulai Beruban di Usia 20-an

Sama halnya laksana kulit, rambut juga memiliki sekian banyak macam masalah ketika terjadi penuaan. Tanda penuaan pada rambut yang paling gampang dilihat ialah rambut mulai memutih atau beruban. Biasanya, rambut beruban terjadi ketika seseorang menginjak usia 50 tahun. Namun, terdapat pula yang telah mempunyai uban satu sampai dua helai, walau usianya masih berkisar di angka 20-an. Jika urusan ini terjadi padamu, tidak butuh panik dan merasa khawatir. Tetap tenang dan simak keterangan dari pakar inilah ini.

Sel rambut berhenti memproduksi pigmen

Seorang berpengalaman dermatologi asal New York, Dr. Eric Schweiger berasumsi bahwa saat tubuh berhenti memproduksi melanin, pigmen yang ditemukan di folikel atau kantong kelenjar kecil pada rambut akan pulang menjadi putih. Faktor beda yang barangkali berperan pada rambut beruban ialah penumpukan hidrogen peroksida di rambut. Seiring meningkatnya usia, enzim katalase yang memecah hidrogen peroksida berkurang. Hal ini menciptakan rambut anda diputihkan olehnya.

Faktor genetik

Tidak butuh panik dan khawatir saat melihat rambut mulai memutih di umur 20-an, karena dapat jadi tersebut karena hal genetik. Jika orang tua atau kakek dan nenekmu merasakan penuaan dini pada rambut, anda mungkin pun akan mengalaminya. “Ketika dilahirkan, tubuh telah diprogram dengan informasi untuk mengawali proses,” jelas www.faunadanflora.com/ Dr. Michael Eidelman, Direktur Medis Chelsea Skin & Laser dan Asisten Profesor Dermatologi di Ichan School of Medicine. Hal ini dapat menyatakan mengapa sejumlah orang mulai beruban di umur 20-an, sedangkan yang beda tidak mengalaminya sampai menginjak usia 50 tahun. Ia pun menambahkan, genetika tidak melulu berperan urgen dalam kapan rambut mulai memutih, namun turut menilai intensitas dan warna abu-abu, perak, atau putih.Kondisi medis

Rambut memutih adalahproses alami yang akan dirasakan oleh masing-masing orang. Secara medis, uban dapat saja hadir di umur 20-an diakibatkan karena kurangnya asupan vitamin B-12, anemia, viitiligo, atau terjadi persoalan dengan kelenjar hipofisis atau toroid.

Stres

Tidak bisa dipungkuri, di umur 20-an, tidak sedikit orang yang sedang giatnya memburu karier, sampai-sampai tak jarang membuatnya stres. Memang, tidak terdapat bukti yang jelas bahwa stres atau trauma mengakibatkan uban prematur. Tetapi, Schweiger menuliskan bahwa hormon stres bisa memengaruhi melanosit atau sel penghasil melanin di rambut yang bisa mendorong perkembangan uban.

Gunakan moisturizer sampo dan kondisioner

Saat mulai beruban, tekstur rambut bakal berubah dan dapat menjadi lebih kasar, kering, dan rapuh. Eidelman merekomendasikan pemakaian sampo dan kondisioner yang kaya bakal pelembap untuk menolong melembapkan rambut. Dia pun menyarankan guna tidak memakai blow dryer, tidak keramas masing-masing hari, dan memakai krim bertekstur enteng atau pomade. Jika masih bingung memilih sampo dan kondisioner apa yang sesuai untuk rambut beruban, anda dapat menyimak dan menyaksikan rekomendasi produk hair care guna masalah penuaan dini pada rambut melalui tulisan berikut ini.

Sumber : www.bukumedis.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *