Inilah Beberapa Jenis Jam Tangan Menurut Fungsinya yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sebelumnya

Bagi orang awam, jam tangan hanyalah sebuah akesoris untuk menunjukkan waktu saja. Akan tetapi,  jam tangan dapat melakukan lebih dari sekadar memberi tahu waktu bagi para penggunanya. Saat ini, banyak brand jam tangan, seperti jam tangan Casio, Daniel Wellington dan sebagainya hadir dalam jenis yang sangat beragam sehingga layak dikategorikan berdasarkan apa yang dapat ditawarkan selain menunjukkan waktu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis jam tangan menurut fungsinya yang mungkin belum Anda ketahui:

Jam tangan kronograf

Pada umunya, kronograf sering disebut sebagai fitur tambahan pada sebuah jam tangan. Akan tetapi, karena kronograf menambah fungsionalitas dari sebuah jam tangan, maka hal ini layak disebut sebagai sebuah jenis jam tangan sendiri.

Bagi yang belum mengetahuinya, kronograf berfungsi sebagai stopwatch pada jam tangan. Fungsi ini dapat ditemukan pada 2 atau 3 lingkaran kecil pada sebuah jam tangan. Untuk menggunakan fungsi ini, bisanya terdapat dua tombol di sisi jam tangan untuk memulai / berhenti dan mengatur ulang stopwatch tersebut.

Jam tangan GMT

Apabila Anda adalah seorang individu yang menyukai aktivitas traveling hingga ke berbagi negara di seluruh penjuru dunia, maka Anda membutuhkan sebuah jam tangan GMT. Umumnya, fitur utama yang membedakan jam tangan GMT dengan jam tangan biasa adalah kelebihannya dalam menunjukka zona waktu yang berbeda. Selain jarum jam, menit, dan detik, jam tangan GMT memiliki jarum keempat yang berputar secara terpisah dari 3 jarum lainnya. Jarum jam tersebut berputar di sekitar wajah jam setiap 24 jam sekali. Selain itu, jam tangan GMT memiliki bezel berputar yang dapat digunakan untuk mengatur zona waktu yang berbeda.

Jam tangan fase bulan

Sekilas, jam tangan jenis ini hampir mirip dengan kronograf, jam tangan fase bulan atau moonphase juga merupakan fitur yang sangat berguna. Fitur moonphase sendiri berguna untuk menunjukkan fase bulan berdasarkan kalender jam tangan. Hal ini juga menunjukkan apakah itu siang atau malam dengan menunjukkan gambar matahari atau bulan.

Jam tangan menyelam

Bagi para pecinta olahraga air, khususnya diving, maka Anda membutuhkan jam tangan yang satu ini. Jam tangan selam dirancang untuk menahan air sehingga aman digunakan pada kedalaman tertentu. Pada umumnya,  jam tangan ini juga memiliki bezel berputar yang berfungsi sebagai timer untuk membantu para penyelam untuk mengontrol berapa lama mereka telah berada di bawah permukaan air.

Jam tangan pilot

Jam tangan yang satu ini dirancang khusus untuk aktivitas penerbangan. Jam tangan pilot tersebut awalnya dikembangkan untuk pilot pesawat tempur. Dengan demikian, jam tangan ini dirancang agar mudah dibaca dan memiliki fitur spesifik yang berguna untuk pilot. Kebanyakan jam tangan pilot menyertakan alat khusus seperti takometer, altimeter, kompas, dan sering memiliki bezel khusus untuk membantu membuat perhitungan waktu dengan cepat. Selain itu, jam tangan pilot hadir dalam ukuran besar dan dengan angka-angka yang terlihat lebih jelas.

Jam tangan outdoor

Jam tangan yang satu ini dibuat khusus agar dapat berfungsi untuk para militer. Jam tangan outdoor atau lapangan harus memiliki kemampuan yang kuat untuk menahan air, kotoran, pasir atau bahkan lumpur sambil mempertahankan waktu yang akurat. Tak hanya itu, jam tangan ini harus cukup tangguh untuk bertahan hidup dari misi yang mungkin dihadapi oleh pemiliknya.

Karena jam tangan ini sangat kuat sehingga sempurna untuk dipakai oleh polisi, pemadam kebakaran dan bahkan para pembalap off-road.

Smartwatch

Seiring berkembangnya teknologi, kini jam tangan telah berevolusi dan dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat diitegrasikan dengan smartphone, yaitu smartwatch. Smartwatch adalah jenis jam tangan yang biasanya memungkinkan koneksi ke telepon Anda dan gadget lain seperti earphone Bluetooth.

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, jam tangan ini menawarkan berbagai fitur. Namun, tidak semua smartwatch sama. Beberapa ada yang memiliki fitur tahan air, dan beberapa bahkan dapat mengukur detak jantung Anda dan melacak waktu tidur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *