Jaringan Xilem dan Floem Beserta Fungsinya Lengkap

Jaringan Xilem dan Floem – Setiap makhluk hidup terdiri dari organ, yang bersama-sama membentuk suatu sistem. Tanpa kecuali, tumbuhan terdiri dari beberapa organ seperti akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Akar menyerap garam air dan mineral dari tanah. Batang bermanfaat untuk mengarahkan air dan garam mineral dari akar ke daun dan mengarahkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh. Daunnya cocok sebagai tempat fotosintesis, sedangkan bunga dan biji berperan dalam pemuliaan tumbuhan. Maka buah merupakan tempat cadangan makanan pada tumbuhan.

Memahami Jaringan Xilem dan Floem

Jaringan epidermis, jaringan parenkim dan jaringan pengangkut adalah jaringan utama yang ada di setiap bagian tumbuhan. Namun, jaringan parenkin berkembang menjadi jaringan penguat di beberapa bagian tumbuhan. Jaringan lain dalam tumbuhan adalah Jaringan Maristem.

Apa yang dimaksud dengan jaringan xilem dan floem? Mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Jaringan Xilem dan Floem

Xilem

Xilem berasal dari bahasa Yunani Xylos, yang berarti kayu. Karena itu, xilem juga disebut dengan pembuluh kayu. Xilem adalah jaringan pengangkut yang terdiri dari jaringan yang sangat kompleks dan terdiri dari beberapa jenis sel. Trakea dan trakeid adalah jaringan utama xilem. Sel-sel ini bertindak sebagai pembawa air dan zat terlarut di dalamnya dari akar ke daun. Trakeid adalah sel tabung berdinding tebal. Berbeda dengan trakea, ukuran sel trakea yang lebih pendek dan memiliki bentuk yang lebih luas dari tracheids, sehingga lebih banyak air melewati trakeid. Trakea juga memiliki ujung yang rata. Ujung-ujung dinding sel trakea larut, menyebabkan isi sitoplasma mati bahkan dalam keadaan matang. Jadi ketika pembuluh mati, maka mereka menjadi tempat air dan mineral mengalir.

Floem

Floem adalah jaringan pengangkut yang memungkinkan fotosintesis di semua bagian pertumbuhan. Floem juga disebut sebagai pembuluh tapis karena ada sel-sel yang mirip seperti sebuah saringan. Pada batang tumbuhan dikotil, floem berada di bagian luar xilem. Floem terdiri dari unsur-unsur berikut:

  • Serat atau serabut floem, bentuk panjang dengan tepi bertepatan dan dinding tebal
  • Pembuluh tapis, berbentuk seperti tabung dengan ujung berlubang
  • Sel-sel yang menyertainya berbentuk silinder dan lebih besar dari sel-sel filter, dan plasma mereka terkonsentrasi
  • Parenkim floem , sel-sel hidup memiliki dinding primer dengan lubang kecil yang disebut titik titik. Parenkim floem mengandung tepung, dammar atau kristal.

Proses Transfortasi Air Dalam Xilem dan Floem

Akar menyerap air dan mineral dari tanah dan kemudian memasuki epidermis akar melalui difusi osmotik. Kemudian Xylem membawa air dan mineral ke daun. Saat mengangkut air dan mineral, dua tahap dilakukan, yaitu tahap transfusi ekstravaskular dan intravaskular.

Sumber diambil dari : https://rumus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *