Kapan Saat Kamu Harus Migrasi ke VPS Hosting?

jasa install vps

VPS atau Virtual Private Network adalah jenis hosting yang sangat populer. VPS menjadi alternative yang paling menggiurkan di antara hosting lainnya seperti shared hosting atau dedicated server. Alasannya sangat sederhana, VPS menyajikan banyak fitur-fitur canggih dan performa yang tinggi dengan harga yang cukup terjangkau.

Shared hosting adalah jenis layanan termurah, tapi fitur dan performanya rendah sehingga tidak cocok untuk website yang menerima cukup banyak traffic. Sedangkan dedicated server memiliki performa yang paling tinggi dan tentunya fitur-fitur juga sangat fleksibel, namun harga yang dibanderol sangat tinggi sehingga hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang mampu menanggung biayanya.

Jadi VPS berada di tengah-tengah ke dua jenis layanan ini. Sehingga cocok bagi website yang menerima banyak traffic, dan bisa dikelola oleh perusahaan maupun individual. Lalu pertanyaannya kapan sebaiknya kamu migrasi ke VPS? Kami akan jelaskan lebih lanjut di artikel ini.

Kapan Migrasi ke VPS

Alasan utama kenapa harus pindah ke VPS adalah performa. Jika sebelumnya kamu menggunakan shared hosting, VPS akan menjadi upgrade yang besar bagi website kamu. Jika website kamu sudah berkembang dan menerima banyak traffic, shared hosting tidak akan bisa menyaingi permintaan bandwidth dan akhirnya tidak bisa diakses.

Jadi waktu yang tepat untuk beralih ke VPS adalah sesuai dengan kebutuhan website dan juga budget kamu. Jika kamu memiliki budget yang cukup, meskipun website baru saja dibuat dan tidak mendapatkan banyak traffic, VPS tetap berguna karena fitur-fitur lainnya.

Setiap hosting provider pasti menyediakan banyak layanan baik VPS maupun shared hosting dan kamu bebas memilih paket mana yang ingin digunakan. Masing-masing provider memiliki keunikan tersendiri yang sulit atau bahkan tidak bisa ditemukan di provider lainnya. Berdasarkan fakta ini waktu kapan beralih ke VPS berbeda-beda dari setiap orang. Bisa saja seorang user memilih shared hosting yang baik sehingga performa website lancar dan selalu bisa diakses meskipun menerima banyak traffic, sehingga kebutuhan untuk beralih ke VPS bisa ditunda hingga lebih lama.

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa membantu kamu mengetahui kapan saatnya beralih ke VPS:

  • Ada lebih dari 300 pengunjung yang meng-akses website kamu setiap harinya. Dalam tahap ini website kamu bisa dibilang cukup besar dari banyak website-website kecil lainnya.
  • Bounce rate yang meningkat secara terus-menerus.
  • Waktu loading website semakin lambat.
  • Sering mengalami downtime. Ingat, downtime bisa sangat merugikan bisnis kamu.

Waktu loading yang lama pasti disebabkan karena shared hosting yang memiliki banyak keterbatasan. Memang tidak hanya karena shared hosting, website kamu juga perlu untuk di optimasi secara berkala sehingga kecepatan dan performa tidak menurun. Tapi ada saatnya di mana trafik yang datang terlalu banyak dan optimasi website juga tidak akan terlihat hasilnya, jika ini terjadi sudah saatnya beralih ke VPS. Beralih ke VPS tidak sulit, silakan gunakan jasa install VPS.

Harga VPS tidak mahal, apa lagi sekarang banyak sekali VPS berbasis lokal yang harganya sangat terjangkau. Ada banyak sekali pilihan di luar saja, contohnya Hostinger yang menyediakan VPS mulai dari 50 ribu per bulan saja. Harga yang mereka tawarkan juga bervariasi tergantung dari fitur-fitur yang diberikan. Jika kamu memiliki budget lebih, bisa pilih paket yang lebih mahal dan fitur yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *