Kebanyakan Berhutang Memiliki Dampak Buruk Bagi Kehidupan

Hutang merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dijadikan sebagai bahan pokok suatu pembicaraan.Mulai dari cara melunasi hutang,faktor penyebab orang berhutang,sampai dampak dari berhutang.

Tentu kebiasaan berhutang bukanlah hal yang boleh dianggap sebagai sesuatu yang sepele.Memang kebayakan orang berhutang karena ada hal yang mendesak,tapi terlalu berlebihan dalam berhutang pun juga tidak baik. Disini kalian akan sama-sama mengetahui tentang apa saja dampak dari kebiasaan berhutang ditinjau dari sisi berbagai aspek dalam kehidupan.

Apa sajakah itu?

Tarik nafas kalian dan mulailah untuk mendalami tentang dampak berhutang bagi kehidupan.

Kebanyakan Berhutang Memiliki Dampak Buruk Bagi Kehidupan Yang Tidak Boleh Di Anggap Sepele

  • Emosi dan Mental

Masalah hutang dapat juga berpengaruh pada kesehatan mental dan emosi seseorang.Tekanan yang datang karena tuntutan untuk segera melunasi hutang membuat orang merasakan kegelisahan dan depresi.

Gathergood pernah melakukan sebuah studi,dan menemukan fakta bahwa orang-orang yang berjuang untuk melunasi hutang bisa mengalami masalah kesehatan mental,depresi,dan kecemasan yang sangat parah yaitu dua kali lebih besar dari kecemasan biasa.

  • Fisik

Dalam sebuah penilitian menunjukkan bahwa perasaan cemas atuau depresi karena terlalu keras memikirkan hutang dapat mengakibatkan efek samping terhadap kesehatan fisik.Ada beberapa contohnya yaitu

Pegal

Dalam sebuah studi menemukan bahwa 44% orang yang punya hutang sering merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh.Misalnya nyeri pada leher dan punggung,masalah pencernaan,dan sakit kepala.

Tekanan darah

Dampak lain yang dapat ditimbulkan yaitu meningkatnya tekanan darah.Ada juga studi lain yang dilakukan oleh Universitas Nothwestern,yang menyatakan bahwa hutang juga berpengaruh pada tekanan darah.Tekanan darah seseorang menjadi lebih tinggi,bahkan hal ini juga terjadi oleh orang yang sehat pada awalnya.

Selain itu ada juga penyakit lain yang ditimbulakan karena berhutang yaitu masalah jantung dan berkurangnya respon kekebalan tubuh.

  • Sosial

Perasaan malu ataupun bersalah sering menghinggap di diri orang yang berhutang.Terlebih jika kegiatan menghutangnya tersebut diketahui oleh banyak orang.Hal ini juga berpengaruh pada kehidupan sosial orang tersebut.

  • Keluarga

Berhutang juga mampu mempengaruhi suatu hubungan dalam keluarga.Hal itu kebanyakan karena reputasi orang yang berhutang sering dianggap jelek dan memalukan nama keluarga.Selain itu juga karena orang tersebut berhutang kepada anggota keluarganya dan tidak dapat menepati janji yang telah ditentukan sebelum berhutang membuat orang tersebut dipandang buruk karena telah menghilangkan kepercayaan sesama anggota keluarga.

Berdasarkan hasil survey terhadap 372 orang dan menemukan bahwa masalah hutang telah berhasil mempengaruhi hubungan dengan pasangan sebesar 37% dan 22% terhadap anak-anak.

Berhutang memiliki dampak buruk yang besar bagi kehidupan dan ditinjau dari beberapa macam aspek.Memang kegiatan berhutang biasa dilakukan untuk keadaan mendesak tapi dalam menghadapi keadaan mendesak tersebut tidak selalu dilakukan dengan berhutang.Ada alternative lain yang bisa dilakukan selain dengan berhutang yaitu misalnya dengan menggunakan jasa pinjaman seperti pegadaian.Dengan seperti itu,apabila hutang tersebut tidak dapat dilunasi ada pinjaman yang menjadi pelunas hutang tersebut atau dalam melunasi hutangpun diberikan beberapa keringanan sehingga mengurangi dampak buruk yang dapat terjadi.

Nah,bagi kalian semua yang setuju dengan ide pegadaian tersebut dan berencana memperoleh pinjaman uang dengan hanya bermodal BPKB saja,solusi terbaik yang dapat kalian peroleh pertama yaitu dengan mengunjungi website https://gadaibpkbmudah.com/,dengan itu kalian akan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai pelayanan jasa pegadain yang melayani secara cepat,mudah,dan efektif.

Semoga artikel ini bisa membuat kalian bisa bernafas lega kembali dan menemukan solusi yang tepat.

Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *