Klasifikasi dan Ciri Tanaman Wortel

Klasifikasi dan Ciri Tanaman Wortel

Klasifikasi dan Ciri Tanaman Wortel – Tanaman wortel merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Tanaman yang dikenal kaya akan vitamin A untuk mata ini dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang nikmat dan lezat.

Selain terkenal akan vitamin A yang baik untuk mata, tanaman wortel juga mengandung senyawa karoten dan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Tanaman wortel sendiri sebenarnya tidak berasal dari Indonesia, melainkan Asia Timur dan Asia Tengah. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim sub-tropis dengan bentuk semak setinggi 30-100 cm. Berikut adalah klasifikasi tanaman wortel atau yang dikenal juga dengan nama Daucus carota L.:

  • Kingdom              : Plantae
  • Sub Kingdom     : Tracheobionta
  • Super Divisi         : Spermatophyta
  • Divisi                     : Magnoliophyta
  • Kelas                      : Magnoliopsida
  • Sub Kelas             : Rosidae
  • Ordo                      : Apiales
  • Famili                    : Apiaceae
  • Genus                  : Daucus
  • Spesies                 : Daucus carota L.

Tanaman wortel merupakan jenis tanaman umbi-umbian berwarna oranye. Tanaman ini memiliki daun majemuk bertangkai 4-7 tangkai. Daun wortel berstruktur tebal dan kaku namun memiliki permukaan yang halus. Batang wortel memiliki kayu keras dan berbentuk bulat berwarna jingga kekuningan.

Batang ini merupakan tempat menyimpan dan menyebarkan hasil fotosintesis. Tanaman wortel juga memiliki bunga putih kemerahan yang tumbuh di ujung tanaman.

Umbi wortel merupakan akar tunggang tanaman wortel yang telah berubah bentuk dan fungsi. Umbi ini umumnya berdiameter 3.5-6.5 cm dan memiliki berat sekitar 100-300 gram. Umbi wortel kaya akan vitamin A, antioksidan, vitamin K, vitamin E, kalium, folat, mangan, magnesium, dan fosfor, sehingga umbi wortel merupakan salah satu umbi yang berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan.

Umbi wortel juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko kanker, menekan resiko penyakit jantung, serta mencegah stroke dan menjaga kesehatan mata dan kulit. Umbi wortel juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada manusia. Karena khasiat dan mafaat wortel yang sangat baik, budidaya wortel sudah sangat banyak ditemukan di Indonesia. Wortel dapat dibuat berbagai macam masakan seperti sop atau bahkan minuman dengan membuatnya menjadi jus.

Sumber : Ilmu Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *