Kurikulum Home Schooling Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Kurikulum Home Schooling Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan yang diadakan di Indonesia, pada dasarnya dengan mengekor dua aturan yakni metode edukasi formal dan informal. Metode edukasi formal seperti edukasi yang diadakan di sekolah umum dengan kompetensi yang dicocokkan dengan kompetensi tingkat nasional. Sementara edukasi informal yakni yang dilaksanakan dengan teknik home schooling oleh lembaga edukasi yang dianutnya namun masih tetap berada dibawah pemantauan dari kemdikbud.

Sampai ketika ini memang masih tidak sedikit salah paham dan informasi simpang siur mengenai home schooling. Padahal sebetulnya home schooling sendiri termasuk di antara metode edukasi yang paling baik dijalankan sebab dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak sebab waktu belajar anak lebih tidak sedikit dilakukan di rumah. Home schooling pun dapat dilaksanakan mulai dari anak – anak yang berada di umur dini. Lalu laksana apa kurikulum home schooling untuk edukasi anak umur dini? www.studybahasainggris.com/

Kurikulum Home Schooling Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Kurikulum agama
Pada kurikulum agama guna anak umur dini, sejumlah materi yang diajarkan tenaga pendidik diantaranya mengenal Allah, menyampaikan kalimat syahadat, mengenal dan menirukan gerakan wudhu dan shalat, mengenal doa harian.

Kurikulum adab
Pada kurikulum yang satu ini nantinya anak – anak di umur dini bakal diajarkan dengan sejumlah materi diantaranya menyampaikan salam dan mengetuk pintu, pamit dengan baik, meminta maaf, meminta bantu dengan baik, menyampaikan terima kasih, melemparkan sampah pada tempatnya, inginkan berbagi dengan teman.

Kurikulum kemandirian
Pada kurikulum kemandirian, nantinya anak bakal diajari dengan bekal toilet training, melepas dan mengenakan bajunya sendiri, santap sendiri sampai berakhir dan hingga tidak berceceran. Bahkan terkadang kurikulum menempatkan makanan setelah dipakai di dapur bakal diajarkan dengan baik oleh pengajar.

Kurikulum sosialisasi dan keterampilan verbal
Pada kurikulum ini, anak bakal diajarkan guna mengenal family dengan paling baik mulai dari ayah, ibu dan sebagainya. Anak pun akan diajari mengenal tetangga dengan paling baik. Sementara pada keterampilan verbal nantinya anak bakal diajarkan guna menyebut nama lengkapnya sendiri. Menirukan suara dan pun kata, melafalkan nama – nama benda dan kegunaannya bahkan mengekor perintah secara sederhana.

Kurikulum keterampilan kognitif
Dalam rangka pengajaran materi keterampilan kognitif ini, nantinya anak bakal diminta mengenal warna dasar, konsep jenis kelamin, nama hewan, buah dan sayur serta perangkat transportasi, mengenal arah, huruf hijaiyah, konsep bilangan dan sebagainya.

Kurikulum keterampilan motorik
Beberapa yang bakal diajarkan oleh pengajar homeschooling atas keterampilan motorik anak diantaranya bermain bola, berenang, menciptakan garis tegak dan datar, mengecat dengan rapi, menempel, menggunting dan masih tidak sedikit lagi.

Kurikulum minat dan bakat
Setiap anak tentu punya bakat yang bertolak belakang – beda. Pada sekolah homeschooling nantinya anak bakal diajarkan tentang seluruh yang barangkali menjadi bakatnya. Dan andai setelah bakat dalam diri anak telah diketahui nantinya akan ditunjukkan untuk menajamkan bakat tersebut supaya lebih berkembang.
Itulah tidak banyak informasi yang kami bisa berikan guna Anda mengenai Kurikulum Home Schooling Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Sumber : www.bahasainggris.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *