Manfaat Daripada Es Batu Untuk Kesehatan

Distributor Mesin Usaha Es – Tidak hanya nikmat digabung dengan teh manis, es batu mempunyai banyak faedah yang bagus untuk kesehatan atau perlakuan beberapa penyakit, seperti ngilu tumit, gigitan serangga, keracunan makanan, sampai radang sendi. Baca penjelasan faedah es batu dalam artikel di bawah ini!

Ditengah-tengah terik serta gersangnya udara pada musim kemarau, tidak ada yang lebih nikmat tidak hanya menenggak minuman dingin yang digabung es batu. Tahukan Anda bila si dingin pembawa kesegaran ini rupanya bermanfaat untuk “mendinginkan” alias menurunkan beberapa keadaan kesehatan?

Faedah Es Batu untuk Kesehatan serta Perlakuan Penyakit

Beberapa Faedah Es Batu buat Badan

Di bawah ini ialah beberapa faedah es batu dalam menurunkan atau memudahkan tanda-tanda atau penyakit yang Anda alami, yakni :

Ngilu tumit (plantar fasciitis)
Istirahat serta kompres es batu bisa menolong menahan ngilu tumit bertambah lebih berat. Es batu bisa mengatur infeksi karena kegiatan atau desakan terlalu berlebih pada plantar fascia (jaringan ikat atau ligamen yang menyambungkan tulang tumit ke jari-jari kaki serta menyokong lengkung kaki). “Terapi” es batu untuk menurunkan ngilu tumit bisa dilaksanakan dengan beberapa langkah, misalnya:

Kompres. Bungkus kantong plastik atau botol berisi es batu yang telah dihancurkan dengan handuk. Lantas kompreskan pada tumit sepanjang 15 sampai 20 menit, sekitar 3 sampai 4 kali dalam satu hari.
Isi baskom ukuran dangkal dengan air serta es batu. Lantas rendam tumit Anda sepanjang 10 sampai 15 menit. Kerjakan ini seringkali dalam satu hari. Serta yakinkan jari-jari kaki tidak turut terbenang air es.
Juga bisa dengan isi cangkir stereofoam dengan air, lantas input ke freezer sampai membeku. Sesudah beku, Anda dapat mengusapkannya ke tumit sepanjang 5-10 menit. Pokoknya, jangan sampai tempelkan es batu dengan cara langsung pada tumit Anda.

Keracunan makanan sebab bakteri Salmonella
Keracunan makanan ini berlangsung karena konsumsi makanan atau minuman yang telah tercemar oleh bakteri Salmonella, umumnya makanan yang mentah, tidak dibuat secara benar, atau makanan dan minuman yang tidak dipasteurisasi (sterilisasi kuman lewat pemanasan pada temperatur 71 derajat Celcius sepanjang 15 detik atau 63 derajat Celcius sepanjang 30 detik).

Salah satunya sinyal keracunan makanan karena bakteri Salmonella ialah seringkali buang air besar atau diare. Penyembuhan intinya dengan mengubah cairan serta elektrolit yang hilang karena diare. Orang dewasa dianjurkan untuk banyak minum air atau menyedot es batu.

Gigitan atau sengatan serangga
Gatal, bengkak kemerahan, atau ngilu di kulit karena gigitan nyamuk dapat diredakan dengan meletakkan es batu pada tonjolan. Atau bila Anda disengat serangga, kompres sisi yang sakit dengan handuk basah atau ice pack sepanjang beberapa waktu.

Tetapi, bila tersengat lebah atau binatang beresiko lain serta ada tanda-tanda berat seperti sesak napas serta pusing, dianjurkan untuk pergi ke rumah sakit selekasnya buat memperoleh perlakuan yang lebih bak.

Gusi bengkak
Rasa sakit atau bengkak pada gusi atau jaringan mulut bisa dikurangi dengan manfaatkan es batu. Minimal sampai Anda sampai ke tempat praktik dokter gigi. Triknya dengan menempatkan es batu di mulut (persisnya di atas wilayah yang sakit) atau pada pipi, pas dibagian yang sakit. Kompres dingin memakai es dapat juga dipakai untuk obat sariawan anak serta orang dewasa.

Luka atau radang sendi
Es batu bisa berguna untuk kurangi rasa sakit, pembengkakan, serta infeksi karena luka atau keadaan lain, seperti radang sendi. Triknya? Kompres wilayah yang bengkak atau sakit dengan handuk basah atau es yang telah dibungkus dengan handuk sepanjang 15–10 menit. Kerjakan pengompresan seringkali dalam satu hari.

Buat Anda yang ingin manfaatkan es batu untuk beberapa kepentingan di atas, tetap ingat tidak untuk meletakkan es batu dengan cara langsung pada kulit, khususnya pada cedera terbuka. Disarankan untuk menempatkan kain bersih antara kulit serta es batu. Disamping itu, jangan meletakkan es batu pada kulit sepanjang lebih dari 15-20 menit, serta jangan tertidur dengan es batu masih menempel pada kulit. Dianjurkan untuk selekasnya pergi ke rumah sakit atau dokter bila infeksi atau pembengkakan tidak lebih baik dengan kompres es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *