Manfaat-manfaat Olahraga Buat Penderita Lupus

Lupus adalah penyakit yang kronis dan menyerang berbagai organ penting dalam tubuh sekaligus seluruh jaringan sehatnya. Yang pada awalnya jaringannya itu normal-normal saja, setelah penyakit lupus semakin parah akan membuat seluruh jaringannya menjadi rusak dan nggak terkendali.

Nggak heran saat kondisinya sudah semakin parah, penderitanya akan mengalami cepat lelah. Tapi tenang saja, masih ada beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan kondisi tubuh, seperti olahraga rutin.

Olahraga memang kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur agar badan pun akan tetap sehat. Hanya saja, buat penderita penyakit lupus, olahraga memang sangat dibutuhkan agar bisa meningkatkan beberapa kinerja organnya.

Meski dalam kondisi sakit lupus pun, pasien juga perlu membiasakan diri buat berolahraga karena akan mendapatkan manfaat-manfaat seperti ini.

Tulang Menjadi Lebih Kuat dan Fleksibel

Nyeri otot dan sendi adalah gejala-gejala yang paling umum dialami penderita lupus. Akibatnya, otot dan sendi akan mengalami kaku sehingga tubuh akan semakin susah digerakan. Nah, agar membuatnya menjadi lebih fleksibel, perlu dilakukan olahraga yang rutin.

Kalau dilakukan secara teratur, tulang juga akan semakin kuat dan nyeri sendi mau pun otot akan berkurang. Meski masih muncul-muncul nyerinya, pastinya nggak sesering kalau jarang berolahraga.

Menjaga Kesehatan Mental

Sesuai dengan data penelitian, sekitar 60% lebih orang yang menderita penyakit serius akan mengalami gangguan mental, mulai dari depresi yang ringan sampai yang berat. Makannya, agar kesehatan mentalnya tetap terjaga meski menderita penyakit lupus, lebih baik mulai melakukan olahraga secara teratur.

Pasien lupus biasanya akan disarankan melakukan olahraga setidaknya setiap 30 menit sehari, entah latihan fisik mau pun pernapasan. Kalau dilakukan secara rutin, depresi yang dideritanya akan semakin berkurang, bahkan gangguan kecemasan akan cepat teratasi dengan baik.

Menurunkan Rasa Capek

Orang yang menderita lupus biasanya akan gampang capek. Kondisi itu disebabkan karena sistem imunnya yang membuat kadar darah menjadi semakin menurun sehingga mengalami anemia. Makannya, agar bisa menurunkan rasa capeknya, lebih baik baik lakukan olahraga secara rutin.

Biasanya orang yang punya penyakit kronis seperti lupus direkomendasikan buat melakukan aktivitas yang ringan-ringan saja. Padahal, melakukan olahraga fisik setiap hari setidaknya 30 menit saja akan membuat pasien menjadi lebih bugar. Tapi, kalau mau berolahraga fisik, perlu rekomendasi dari dokter agar bisa menentukan olahraga fisik apa yang tepat.

Mencegah Efek Samping Pengobatan

Meski penyakit lupus belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkannya, tentu tetap ada pengobatan yang perlu dijalankan. Biasanya dokter akan memberikan obat-obat tertentu

agar bisa mengurangi gejala-gejala lupus. Tapi, nggak semua obat yang diberikan baik karena beberapa di antaranya ada yang memberikan efek samping, seperti demam semakin tinggi, tekanan darah semakin tinggi, dan sebagainya.

Tapi kalau dipadukan dengan olahraga yang teratur, efek samping itu akan tetap terkendali dengan baik.

Meski menderita penyakit lupus, jangan sampai penderitanya malas berolahraga. Ada beberapa olahraga yang baik buat pasien lupus, seperti kardio, yoga, tai chi, senam aerobik, mau pun berenang. Tapi, sebelum melakukan olahraga, lebih baik tanyakan dokter dulu agar bisa dilakukan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *