Oleh-Oleh Khas Palembang yang Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Palembang yang Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Palembang yang Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Jauh- jauh bertamu ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak cocok jika belum bawa bawaan khas Palembang ini ke rumah. Populer hendak pempeknya yang telah menabur ke semua arah Indonesia. Kota Palembang pula mempunyai berbagai bawaan yang senantiasa dicari turis seperti contohnya mie celor palembang. Ikuti dahulu 12 berbagai oleh oleh khas palembang yang harus dicoba serta dibawa kembali selanjutnya ini!

1. Bawaan khas Palembang“ Memukul”

Memukul merupakan kerupuk yang dibuat dari ikan di wilayah sumatera semacam Palembang serta Bangka. Memukul mempunyai tesktur agresif tetapi renyah serta gampang dikunyah. Walaupun ada sebagian metode memasak memukul. Tetapi yang sangat khas merupakan yang terbakar. Adukan memukul itu terbakar di atas kobaran api. Alhasil mempunyai bau serta rasa yang khas. Memukul ini biasanya dikonsumsi dengan sambal belacan. Kisaran harga memukul sendiri terkait dari materi dasarnya. Memukul berbahan dasar ikan tenggiri hendak lebih ekonomis dibandingkan ikan gabus.

2. Lempok durian

Menyamai jenang pada biasanya dengan rasa manis yang banyak. Perbedaannya cumalah lempok merupakan jenang yang materi bakunya dari durian serta gula. Pembuatan lempok dicoba dengan cara turun termurun. Alhasil rasanya senantiasa khas serta terpelihara. Dimasak dengan memakai kusen bakar dengan durasi yang lumayan lama. Janganlah kurang ingat incip mencicip lempok ini betul!

3. Kue maksuba

Kue maksuba merupakan semacam kue limpit khas palembang. Dihidangkan cuma pada kegiatan spesial serta tamu- tamu khusus. Menghasilkan kue maksuba mempunyai maksud spesial tertentu. Semacam dengan cara tidak langsung mengutarakan hidmat pada pengunjung ataupun kegiatan khusus. Biasanya kerap ditemui pada perkawinan, Idulfitri, serta serupanya.

Cara pembuatan maksuba bukanlah gampang. Dengan materi dasar telur angsa, mentega, serta tidak tertinggal gula. Kreator nya wajib cermat serta teliti. Dengan metode meningkatkan satu limpit dengan cara teratur. Pembuatan kue ini juga lumayan terhitung susah. Tiap loyang kue menginginkan dekat 28 telur angsa. Uniknyam, kue ini tidak memakai developer pada cara pembuatannya!

4. Kue 8 jam

Cocok dengan namanya. Cara pembuatannya menyantap durasi dekat 8 jam. Materi dasar kue 8 jam ini nyaris serupa dengan kue matsuba. Tetapi kue konvensional ini di masak dengan metode di kukus. Sedangkan kue mastuba dipanggang. Walhasil performa kuenya berlainan jauh dari kue matsuba. Corak coklat serta kepadatan kue diperoleh dari durasi masak yang lama. Tuturnya kian lama dimasak kian lezat rasanya!

Kabarnya tadinya kue khas Palembang ini cuma di nikmati oleh kalangan adiwangsa loh! Untungnya saat ini ini seluruh orang dapat mencicipinya. Namun sebab cara pembuatan yang lama, kue ini pula cuma bisa ditemukan pada kegiatan khusus. Semacam Imlek serta Idul Fitri.

5. Kue kojo

Bolu ataupun kue Kojo ialah kue pandan ataupun suji khas Palembang. Kojo berarti kemojo ataupun kamboja. Julukan ini didapat sebab wujud loyang kue yang menyamai bunga kamboja. Kue yang banyak disajikan di acara- acara adat palembang. Dengan corak hijau nya yang khas, menghasilkan kue konvensional pula salah satu oleh oleh khas palembang yang lumayan populer.

Berlainan dengan materi kue pada biasanya nih bukan telur ayam melainkan angsa yang dipakai buat membuat kue khas Palembang ini. Tidak hanya itu materi penting yang lain mentega serta daun pandan ataupun daun suji. Nah daun inilah yang membuat kue kojo mempunyai aroma wangi yang berlainan dari kue konvensional palembang yang lain. Metode memasaknya sendiri dipecah jadi 2. Ialah dikukus serta dipanggang. Tidak hanya di Palembang kalian bisa jadi bisa menciptakan tipe kue konvensional ini di Jambi, Riau, serta bengkulu.

6. Rusak seribu

Tidak hanya memukul terdapat pula tipe kerupuk lain yang populer di Palembang. Namanya rusak seribu, bersama dibuat dari ikan tetapi perasaan rasanya berlainan. Materi yang dipakai buat membuat rusak seribu mendekati dengan kerupuk ikan lazim. Perihal yang buatnya beda merupakan pada dikala peroses pembuatan.

Bila mayoritas kerupuk ikan digoreng dengan metode lazim, kerupuk ini mempunyai metode berlainan durasi wajan. Cara penggorengannya lah yang membuat kerupuk ini mempunyai komposisi istimewa semacam rusak ataupun retak seribu. Performa kerupuk ini juga istimewa menyamai mangkok. Bukan cuma lezat dijadikan kemilan, tipe kerupuk ini pula lezat dimakan bersama nasi ataupun sahabat memakan tekwan.

7. Ikan salai

Bisa jadi sedang banyak yang belum mengenali Palembang memiliki tipe santapan khas tidak hanya pempek. Misalnya saja ikan salai yang sesuai dijadikan buah tangan dikala kembali liburan dari Palembang. Salai ikan merupakan tipe ikan yang diawetkan dengan metode diasap. Nyaris serupa dengan ikan cakalang yang terkenal di Minahasa, salai ikan pula mempunyai perasaan rasa yang nyaris serupa.

Tipe ikannya lah yang membuat ikan salai berlainan dengan ikan cakalang. Materi dasar pembuatan ikan salai merupakan ikan patin, gabus, ikan baung ataupun ikan lais. Ikan salai dibuat dari tipe ikan baung serta lais yang sangat disukai. Tidak butuh bimbang mencernanya, kalian dapat memasak dengan bahan pindang ataupun dapat pula digoreng renyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *