Pentingnya Menjaga Sholat Wajib Sesuai Dengan Contoh Salaf

sholat tahajud

 

 

Sholat wajib yang 5 waktu adalah perkara yang sangat penting dan utama bagi umat Muslim, karena ini adalah tiang dari agama, layaknya bangunan yang disangga dengan tiang, maka bagaimana jadinya jika tiang tersebut rusak dan tidak berfungsi dengan baik, tentu bangunan tersebut akan runtuh, begitu juga dengan sholat yang menurut hadits adalah tiang agama, barang siapa yang tidak mengerjakan sholat 5 waktu maka agamanya akan runtuh atau dengan kata lain agama orang tersebut akan rusak.

Jika agama sudah rusak maka amalan amalan lainpun akan rusak, lalu apa yang tersisa dari orang seperti ini, tentu akan mendapatkan kecelakaan baik di dunia maupun di akhirat. Tapi sering sekali ada pertanyaan yang menanyakan atau berargumentasi tentang orang yang tidak sholat tapi rezeki lancar dan tidak mendapatkan kecelakaan didunia.

jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, orang tersebut terkena istidraj atau ALLAH Azza Wajallaa menimpakan begitu banyak kenikmatan tapi tidak bisa taat atau tidak bisa beribadah karena hatinya sudah di tutup oleh ALLAH, memang orang seperti ini akan mendapatkan kenikmatan dunia “secara zahir”, tapi tidak dengan hatinya.

Seperti kita pahami bahwa kebahagiaan itu letaknya di hati, tidakmemandang fisik dan harta, begitu banyak seorang yang secara materi kekurangan tapi mempunyai hati yang lapang dan qonaah, dan terlihat dari wajahnya bersinar dan berseri tanda tidak mempunyai beban hidup, ini semua karena ALLAH sudah menanamkan kedalam hatinya kekayaan yang hakiki, bukan kebagahagiaan yang semu.

Itu hanya hukuman di dunia, bagaimana lagi nanti di akhirat, tentu akan lebih mengerikan lagi hukuman bagi orang yang tidak mengerjakan sholat wajib ini.

Sholat Wajib Yang Diabaikan Karena Kejahilan

sholat tahajud

Di atas adalah bahasan untuk orang yang memang meninggalkan sholat wajib, tidak cuma itu, ternyata orang yang melakukan sholat wajibpun akan mendapatkan ancaman karena melalaikan sholatnya, seperti ayat dari surat AL Maun yang mengatakan bahwa celaka bagi orang yang sholat, yaitu orang yang sholat tapi lalai dari cara caranya dan juga tidak khusu.

Ketahuilah bahwa ada kewajiban lain dari cara melaksanakan sholat wajib ini, diantaranya adalah untuk sorang laki-laki harus berjamaah di masjid dan di awal waktu dimana adzan di kumandangkan.

Jika tanpa udzur seorang mukmin sholat sendirian di rumah dan tidakmendatangi masjid untuksholat berjamaah maka beliau terkena ancaman yang keras juga,seperti dalam hadits yang menerangkan bahwa nabi ingin memerintahkan orang untuk adzan, dan nabi akan berkeliling kampung untuk membakar rumah orang lelaki yang sholat di rumah rumahnya.

Lihat betapa keras ancaman dari rasullullah ini, tentu ini menjadi indikasi akan wajibnya seorang lelaki sholat berjamaah di masjid. Jadi bagi seorang mukmin laki laki tidak cukup hanya melaksanakan sholat wajib saja tapi harus juga melaksanakannya secara berjamaah di masjid atau mendatangi masjid tatkalaadzan berkumandang.

Semoga kita termasukorang yang ALLAH mudahkan untukselalu menjaga sholat 5 waktu secara berjamaah di masjid.

Baca juga: Panduan Sholat Tahajud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *