Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, Apa Ya Bedanya?

Sel hewan dan sel tumbuhan memang memiliki persamaan, hal ini dapat dilihat dari sel eukariotik dan juga proses reproduksi yang dilakukan oleh keduanya ini memanglah serupa jika dilihat secara proses mitosis dan meiosis.

Namun meski begitu keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda beda baik untuk hewan mau pun untuk tumbuhan. Dan meski kedua sel makhluk hidup ini memiliki banyak sekali persamaan, tapi tetap pasti ada perbedaannya ya kan.

Seperti berikut ini, perbedaan antara sel pada hewan dan sel pada tumbuhan, hayo penasaran kan, apa perbedaannya.

2. Sel Hewan
  1. Dinding Sel

Perbedaan pertama dapat dilihat dari dinsing sel hewan yang hanya dilindungi oleh satu organel saja sedangkan sel tumbuhan ini nih, mempunyai membrane sel yang dilapisi oleh organel lain yang disebut dengan dinding sel oh.

  1. Vakuola

Yang kedua adalah vakuola yang merupakan jenis strukur seluler mikroskopis yang biasa disebut dengan organel yang jika pada hewan tidak memiliki vakuola namun vakuola ini bisa kita temukan pada tumbuhan, jadi ini juga menjadi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan ya.

  1. Sentriol

Yang ketiga adalah sentriol yang merupakan kumpulan dari mikrotubulus yang memiliki bentuk seperti bintang, organel sentriol ini hanya bisa ditemukan pada sel hewan saja namun tidak bisa ditemukan pada sel tumbuhan, wah ini sih kebalikan dari vakuola tadi ya.

  1. Kloroplas

Kloroplas sendiri dapat menghasilkan makanan untuk sel dan bisa ditemukan pada sel tumbuhan serta beberapa prostista lain seperti alga sedangkan sel hewan sama sekali tidak memiliki kloroplas, nah beda lagi kan.

  1. Lisosom

Kalau lisosom sendiri ini nih, bisa ditemukan pada sel hewan mau pun sel tumbuhan loh. Hanya saja pada sel tumbuhan, lisosom disebut dengan vakuola sehingga semua tugas lisosom yang dilakukan pada sel hewan akan digantikan oleh vakuola jika berada di sel tumbuhan. Jadi tetap beda ya, walau pun sama sama ada.

 

Nah, jadi sekarang sudah tahu nih apa saja perbedaannya? Yang jelas keduanya sangat penting baik untuk hewan mau pun untuk tumbuhan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *