Pengertian Sumber Daya Alam dan Manfaat Sumber Daya Alam

pengertian SDA

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia semakin mengalami peningkatan serta menuntut kita untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dengan sangat bijak. Sumber Daya Alam harus dimanfaatkan dengan baik, contohnya saja seperti kita menggunakan Sumber daya hewan, tumbuhan dan juga SDA non hayati contohnya saja seperti logam, munyak serta gas alam.

Dikarenakan ada beberapa Sumber Daya Alam yang snagat langka serta terbatas, kita sebagai manusia harus memanfaatkannya harus melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Nah, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai Sumber Daya alam, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai pengertian Sumber Daya Alam.

 

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya alam adalah semua bahan yang ada atau bisa ditemukan oleh manusia pada alam sekitar, serta bisa digunakan untuk kelangsungan hidup. Bagi manusia sendiri, sumber daya alam sangat penting baik itu Sumber Daya Alam Hayati atau juga Sumber Daya Alam Non Hayati. Dari kedua jenis SDA tersebut perlu dimanfaatkan sangat baik untuk kebutuhan hidup manusia.

Manusia sendiri juga tergolong Sumber Daya bagi suatu negara, hal tersebut dikarenakan manusia bisa memberikan sesuatu manfaat untuk negaranya, atau biasa yang disebut dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena setiap manusia bisa memajukan ilmu pengetahuan atau bahkan bisa memajukan teknologi sehingga bisa meningkatkan perekonomian dari suatu negara.

 

 

Manfaat Sumber Daya Alam (SDA)

Pemanfaat dari suatu Sumber Daya Alam bisa dinilai berdasarkan kegunaan Sumber daya tersebut untuk manusia. Maka dari itu semakin bermanfaat sebuah sumber daya alam maka hal tersebut membuat sumber daya tersebut semakin bernilai. Contohnya saja seperti lahan pertanian subur yang bisa dijadikan daerah pertanian yang sangat potensial.

Dalam suatu negara yang mempunyai Sumber daya yang melimpah dipastikan menjadi suatu negara yang maju bila negara tersebut busa mengelola serta memanfaatkan sumber daya dengan maksimal. Secara alamiah, kebanyakan manusia memanfaatkan potensi SDA yang ada pada lingkungannya.

Dengan berbagai bentuk aktivitas dalam memanfaatkan SDA ini terbagi menjadi 6 (enam) aktivitas yang sangat menguntungkan, contohnya saja seperti.

  • Pertanian
  • Perikanan
  • Perkebunan
  • Peternakan
  • Kehutanan
  • Pertambangan

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Sumber Daya Alam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan.

www.pintarnesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *