Yuk Bangun Rasa Percaya Diri Anak Dengan Mengajaknya Main Di Luar

percaya diri anak

Bangun Rasa Percaya Diri Anak Dengan Mengajaknya Main Di Luar

Rasa percaya diri pada anak harus sudah ditempa sejak dini lagi, agar nanti saat anak sudah besar mereka akan lebih mudah dalam menghadapi situasi dengan penuh kepercaya dirian yang tinggi.

Membangun rasa percaya diri anak ada berbagai macam cara salah satunya dengan memberikan sebuah tantangan dan pengalaman baru pada anak.Tantangan baru yang seperti apa?

Bukan dengan memberinya permainan atau tugas-tugas yang berat, Anda sebagai orang tua cukup mengajak anak Anda pergi menjelajah ke tempat baru.Di tempat baru seperti itulah anak-anak akan menjumpai berbagai macam tantangan dan pengalaman baru.Misalnya saja dengan mengajak anak Anda bermain di tempat-tempat alam.

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Alam?

main di sungai

Ajak anak Anda bereksploitasi dengan mengajaknya untuk melihat dunia yang luas ini sambil menempa rasa percaya diri dalam diri mereka.Di sebuah tempat alam mereka akan menemukan berbagai macam hal yang tidak pernah mereka jumpai di lingkungan tempat tinggal mereka, terutama untuk Anda yang tinggal di derah perkotaan.

Jangan berpikiran bahwa alam akan memberikan dampak yang buruk bagi anak.Seperti banyaknya hewan yang berbahaya dan tempatnya yang cenderung tidak cocok untuk anak.

Justru itu akan menghambat pengetahuan anak mengenai dunia luar.Mereka jadi tidak bisa menemukan berbagai macam hal yang bisa menempa rasa percaya diri mereka.

Misalnya Anda mengajak anak Anda ke hutan, disana pasti mereka akan bisa bermain-main dengan hal baru dan akan mengasah ke kreatifan mereka ketika menjumpai sesuatu yang mengharuskan mereka melakukannya sendiri.Seperti contohnya saat menyebrang sungai, pasti anak Anda akan mencari tahu bagaimana caranya agar mereka dapat menyebrangi sungai itu tanpa jatuh.

Jika tidak, maka Anda bisa membimbingnya secara perlahan dan pasti, seperti mengatakan “disitu ada batu coba aja injek” atau juga bisa mengkaitkannya dengan hal-hal yang pernah mereka liat sebelumnya Anda boleh mengutip salah satu adegan dari film kartun anak-anak yang sangat disukai oleh anak Anda, semisal adegan pada jaman dahulu, contohnya “adek inget gak waktu itu kancil nyberang sungai pakai apa? Kalau gak ada kepala buaya adek juga bisa pakai batu”.

Kira-kira seperti itulah Anda membimbing anak Anda untuk meningkatkan kepercaya dirian dalam diri mereka melalui media alam.Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa di berikan dengan mengajak anak Anda bermain di lingkungan yang baru terutama alam.

Dan yang saya maksud alam bukanlah hutan belantara tapi cobalah untuk mengajak anak Anda ke tempat wisata alam yang mengusung tema alam.Sebagai rekomendasinya adalah tempat wisata di Kopeng Treetop.Siapa tahu itu akan menjadi sebuah liburan keluarga yang sangat bermanfaat bagi sekeluarga.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *