Yuk Cari Tahu 5 Hobi yang Menghasilkan Uang Ala Milenial

Bingung mencari pekerjaan yang nyaman? Atau sering merasa tertekan dengan suasana kantor? Kamu bisa lo mencoba beberapa pekerjaan yang dikembangkan dari hobi. Penasaran apa saja hobi yang bisa menghasilkan uang? Nah, berikut 5 hobi yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan buat kaum milenial, yaitu:

  1. Kecantikan

Hobi menjajal produk kecantikan terbaru? Jadikan saja hobi kamu sebagai pekerjaan utama. Sudah banyak lo beauty influencer yang sukses, seperti Abel Cantika, Cindercella, atau Suhay Salim. Tak harus produk make up, tapi bisa juga skincare atau perawatan wajah. Media yang bisa kamu manfaatkan juga beragam, mulai dari Instagram sampai Youtube.

Kalau kamu terbiasa menulis, blog dan Instagram bisa dijadikan sarana berbagi. Beda lagi buat kamu yang memang nyaman berbicara di depan kamera. Youtube jadi solusi tepat untuk berbagi sekaligus menarik perhatian para penonton. Biar ulasan kamu mengena di hati viewers, pastikan mengulas dengan jujur. Beri tahu kelebihan dan kelemahan yang dimiliki setiap produk.

Atau Anda juga bisa menjual berbagai kebutuhan wanita atau kecantikan seperti sorella. Anda bisa menjualnya di berbagai toko online.

  1. Membaca

Siapa bilang hobi membaca tak menghasilkan uang? Berbagai program literasi mulai digalakkan oleh pemerintah. Buat kamu yang tinggal di Bali pasti tak asing dengan event tahunan Ubud Writers and Read Festival. Salah satu event internasional ini sering dimanfaatkan penulis dalam dan luar negeri untuk promosi. Menariknya, beberapa pengulas ternama kerap hadir dan diberi sesi khusus untuk wawancara.

Percaya atau tidak, beberapa pembaca justru mengembangkan hobi pula menjadi penulis. Kamu bisa lo jadi salah satu seperti mereka, asal punya kemauan. Di Indonesia sendiri ada beberapa pengulas buku yang cukup dikenal, seperti Kanaya Sophia dan Sophia Mega. Salah satunya bahkan sudah merilis tulisannya dalam bentuk buku lo.

  1. Content Creator

Pekerjaan kaum milenial memang tak jauh-jauh dari media sosial yang sedang populer. Selain beauty influencer, adapula content creator. Content creator adalah seseorang yang menghasilkan konten berkualitas, seperti video, produk, atau tulisan. Jika kamu viewers setia Atta Halilintar, pasti paham dengan istilah content creator. Semua video yang dibuat Atta tentu melalui proses kreatif yang tak mudah.

Proses kreatif dimulai dari menemukan ide sampai eksekusi. Seorang creator bisa menghabiskan berhari-hari untuk satu konten menarik. Keberhasilan mereka biasanya dilihat dari seberapa besar engagement dari para penonton atau pembaca.

  1. Game

Kaum milenial pasti familiar dengan Reza Arap. Youtuber yang kerap membagikan konten game ini berhasil meraup pundi-pundi rupiah sampai ratusan juta setiap bulannya. Siapa sangka hobi bermain game Reza bisa membesarkan namanya? Reza Arap bisa jadi contoh buat kamu yang hobi bermain game. Daripada sekedar menghabiskan waktu, mengapa tak mencari celah bisnisnya saja? Apalagi sekarang ada begitu banyak turnamen yang bisa kamu ikuti. Bahkan ada agensi game profesional yang aktif merekrut pemain potensial.

  1. Melucu

Punya hobi melucu atau melawak? Bisa menulis konsep dengan baik? Coba deh ikuti event stand up comedy yang ada di kotamu. Tak perlu berekspektasi tinggi di awal, cukup bangun rasa percaya diri terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa belajar dari pengalaman dan komen teman-teman lainnya. Sudah banyak lo stand up comedian yang terbukti sukses dan populer, seperti Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, dan Ernest Prakasa. Kalau kamu sudah lebih jago, sebaiknya ikut ajang nasional. Selain menambah pengalaman, pintu rezeki lainnya juga bakal terbuka kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *